Selasa, 30 April 2013

* Musyawarah Jama'ah Tikus *

Sekelompok tikus sedang beristirahat, bersantai-santai dibawah pohon yang rindang. Mereka baru saja selamat dari kejaran kucing. Satu ekor diantara mereka melihat kucing sedang mengendap-endap dibalik semak-semak yang kehijauan semakin mendekat hendak menerkam, tikus yang melihat keadaan itu memberi tahu teman-temannya dan mereka berlarian menyelamatkan diri, tiba-tiba mereka telah berkumpul dibawah pohon kayu rindang.
Setelah keadaan aman dan telah beristirahat, seekor tikus berkata: alangkah baiknya kalau kita musyawarahkan sekarang bagaimana menghindari kejahatan kucing. Musyawarah pun dimulai, usulan berdatangan, ada yang mengusul supaya pindah saja dari tempat itu ke tempat yang jauh dari kucing, ada yang mengusul supaya lebih berhati-hati saja dan ada yang nengusul supaya digantungkan saja lonceng dileher kucing itu sehingga apabila ia datang, dari jauh sudah kedengaran, dan kita bisa sembunyi dengan cepat.
Semua peserta menyambut positif usulan itu dan mereka berpikir inilah jalan keselamatan mereka. Tiba-tiba seekor tikus tua berkata: "ide itu bagus tapi siapakah yang berani menggantungkan lonceng dileher kucing itu?" Semuanya terdiam, ternyata tidak ada yang berani. Rapat pun bubar tanpa hasil.


Berkatalah orang bijak:Teori yang bagus dan mudah dilaksanakan lahir dari pikiran cerdas dan bijaksana, teori yang bagus tapi tak bisa dilaksanakan hanya khayalan dari orang yang tak bijaksana. :) :) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar